SETTING STRETCHING TARGET

Darmin A. Pella

Ketika membantu perusahaan mentransofrmasikan manajemen kinerja, salah satu langkah yang sangat saya perhatikan adalah langkah “Penetapan Target (Target Setting”.

Langkah ini begitu berarti.  Saya menekankan  pentingnya langkah ini dengan ungkapan “jangan sampai kita sudah merasa capek mengelola manajemen kinerja ini, tetapi begitu kita cek 12 bulan kemudian, atau begitu kita cek di akhir tahun, kita heran karena kita tidak melihat perubahan kinerja.  Mengapa itu terjadi?  Karena kita tidak menetapkan target dengan baik.  Kita tidak menetapkan stretching target“.  

Nah, apa itu stretching target?

Saya memiliki defisini tersendiri tentang stretching target.   Stretching target  adalah   “target yang menantang, target yang melebihi batas normal, target yang merubah perilaku”.   

Apa perbedaan target yang normal dan menantang?

Suatu kali saya berdialog  dengan seorang anak muda.  

“Apakah Anda ingin naik haji?”

“Ya, tentu”, jawabnya

“Nah, berdasarkan penghasilan Anda saat ini, berdasarkan kemampuan Anda menabung, tahun berapa target Anda naik haji?”

Ia kemudian berpikir. Dan berpikir. Lalu menjawab dengan mantap,  “Kira-kira tahun 2012”, jawabnya

“Baik itu adalah target normal Anda”, kata Saya, lalu melanjutkan, “Bagaimana bila Saya beri Anda target untuk Anda bisa naik haji tahun 2010?”

Ia berpikir. Berpikir keras. Kemudian memandang Saya.  

Saya katakan kemudian,  “Bagaimana bila saya katakan bahwa Anda dapat naik haji tahun 2010, dan setelah Anda berpikir serius, akhirnya Anda meyakini bisa naik haji tahun 2010 sepenuh hati, apakah sepulang dari workshop ini perilaku Anda akan berubah”  

“Ya, tentu perilaku saya akan berubah”, jawabnya

“Itulah yang saya maksud.  Ketika Anda memasang target bisa naik haji tahun 2012, itu adalah target normal.  Tetapi ketika Anda meyakini dengan sepenuh hati, suatu keyakinan yang juga berisi was-was, bahwa Anda bisa berangkat haji tahun 2010, bila Anda benar-benar berusaha, benar-benar all-out,  dan target tersebut akan merubah hidup Anda, kebiasaan Anda, cara berpikir Anda, mental set Anda dalam rangka benar-benar mencapai target tersebut, pada saat itulah Anda telah menetapkan stretching target”

Cerita di atas semoga memperjelas di mana bedanya normal target dan stretching target.

Dalam mentransformasikan manajemen kinerja, jangan menetapkan normal target.  Tetapkanlah stretching target.

Bahwa stretching target  adalah   “target yang menantang, target yang melebihi batas normal, target yang merubah perilaku”.  Bila sebagai atasan Anda menetapkan target  yang belum mengubah perilaku bawahan Anda, saya bisa katakan bahwa Anda belum menetapkan stretching target.

Selepas membumikan sikap mental yang benar dalam penetapan target lah kemudian, Saya melanjutkan penjelasan  bagaimana membuat target yang baik.

Dari perspektif sistim kontrol manajemen, ada beberapa syarat penetapan target yang baik yakni:

  • Specific and Measurable : Spesifik dan jelas ukurannya apa yang perlu dicapai, tidak hanya kualitatif tetapi sedapat mungkin ukurannya kuantitatif
  • Challenging: Dapat menimbulkan tantangan dan motivasi bagi karyawan
  • Timely : Jelas waktu pencapaiannya

 

Sedangkan dari perspektif kompetisi bisnis, ada beberapa syarat penetapan target yang baik yakni:

  • Closing Performance Gap: Target ditetapkan untuk mengatasi kesenjangan antara pencapaian yang ada saat ini dengan target ideal yang seharusnya dicapai perusahaan
  • Best in Industry, Beat The Competitor: Target ditetapkan pada tingkat terbaik dalam industri sejenis
  • Significant Impact to Company Performance: Target ditetapkan pada tingkat yang memberi pengaruh siginifikan pada peningkatan nilai perusahaan (maximize shareholders value), baik itu dengan cara meningkatkan revenue, maupun mengurangi biaya (dap).   

One Response

  1. Dear P Darmin.

    Mohon ijin saya mengambil beberapa point dari artikel ini untuk saya pakai sebagai bahan training di team sales kami.

    Terima kasih

    Yudyastawa

Leave a Reply

