EXECUTIVE COACHING SEBAGAI METODE PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN

Darmin A. Pella

Apakah perusahaan Anda mengoptimalkan executive coaching sebagai metode pengembangan bagi calon pemimpin?  

Sebuah survey yang dilakukan oleh  Manchester, sebuah lembaga konsultan manajemen,  menyebutkan bahwa  sekitar 59% perusahaan, atau 6 dari 10 perusahaan, saat ini menggunakan metode coaching & counseling sebagai bagian dari pengembangan manajer dan eksekutifnya.  

Survey ini dilakukan pada sekitar 300 perusahaan berskala nasional di di berbagai negara.  20% dari perusahaan yang disurvey menyatakan berencana akan  menggunakan  coaching & counseling sebagai bagian dari pengembangan manajer dan eksekutifnya.  

25% dari peserta survey, menariknya, sudah menggunakan sistem formal mentoring programs mengembangkan  manager  dan eksekutif perusahaan dalam suatu sistem program pengembangan kepemimpinan. 

Executive coaching is an outstanding investment to leverage people power.

Di sisi lain, executive coaching merupakan salah satu trend manajemen untuk mengembangkan peran manusia meningkatkan kinerja perusahaan ke level puncak.  Di Dell Computer, Texas, misalnya, sistem formal executive coaching telah dijalankan lebih dari 5 tahun, dan setiap tahun diukur return on investmentnya terhadap bisnis perusahaan.   Lebih dari setengah eksekutif Dell, yang berjumlah 760 orang, menerima  executives coaching dalam jangka waktu program dua tahun. Bridgette Robinson, Direktur Pengembangan Organisasi dan Eksekutif di Dell menyebutkan bahwa 90% peserta executive coaching menyatakan puas, serta mereka yang mengikuti  executive coaching  meningkat kompetensi dan produktifitasnya sehingga cenderung dipromosikan. 

Alastair Robertson, manager lembaga konsultan Accenture yang mengelola worldwide leadership development practice di Boston, menyatakan bahwa sebuah perusahaan di bidang pelayanan berhasil melakukan penghematan $30 juta melalui proses executive coaching  dari 200-an eksekutif di perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: