PAY-BASED PERFORMANCE: ARE YOU?

Darmin A. Pella

 

images-wwwezno

Seorang manajer yang baru dua minggu  diterima di suatu perusahaan mengeluh.  ”Saya di-hire di sini tapi tidak tahu kinerja dan target apa yang diharapkan dari saya”.  

Seorang fresh graduate yang baru sebulan diterima di sebuah program management trainee mengeluhkan hal yang sama.  ”Namanya saja program management trainee. Tetapi tidak ada kejelasan untuk apa saya bekerja di sini.  Tidak ada arahan, petunjuk, bimbingan, dan target”.  

Seorang supervisor yang telah bekerja bertahun-tahun menyampaikan hal senada. ”Jangankan bapak, saya sendiri sudah bekerja di sini lima belas tahun, tidak jelas mengenai posisi saya. Saya digaji di sini untuk apa dan harus bagaimana tolong bantu saya memperjelasnya”. 

Dalam bidang manajemen kinerja kita memiliki tantangan, yakni dalam 30 hari seorang karyawan menduduki posisinya, ia harus telah memiliki kejelasan objective & indicator yang harus dicapainya.  

Amatilah perilaku seorang pegawai Anda dalam satu hari (atau satu minggu), dari menit  ke menit.  Lalu tanyakan hal ini pada diri sendiri: ”Berapa menit pikiran, sikap dan tindakan pegawaiku ini benar-benar sejalan dengan misi, visi, strategi dan target bisnis perusahaan?  Dan berapa menit yang tidak berhubungan, bahkan bertentangan dengannya?” 

Lakukan studi gerak dan waktu (time and motion study).  Anda akan menemukan betapa kegiatan seorang pegawai dapat terbagi tiga.  Pertama, kegiatan yang sejalan dengan tujuan perusahaan. Kedua, kegiatan yang tidak ada hubungan apa-apa dengan tujuan perusahaan (karena kegiatan yang dilakukan memang tidak terkait dengan bisnis perusahaan).  Ketiga, kegiatan yang sejalan dengan tujuan diri sendiri dan bertentangan dengan tujuan perusahaan.

Jangan terkejut bila Anda menemukan kenyataan berikut. Bahwa kurang dari 50% kegiatan pegawai Anda sejalan dengan kegiatan perusahaan. Atau cukup besar persentase kegiatan pegawai Anda yang tidak ada hubungan sama sekali dengan bisnis perusahaan.  Atau bahkan menemukan betapa sejumlah besar tindakan pegawai justru menjauhkan perusahaan dari pencapaian target bisnisnya.

Pegawai melakukan hal tersebut bukan karena tidak tahu. Tetapi karena ketiadaan sistem manajemen kinerja yang bekerja dengan baik di perusahaan.  Sebuah  ilustrasi sederhana.  Kebanyakan pegawai datang terlambat di suatu perusahaan bukan karena pegawai tersebut malas.  Tetapi mereka tidak menemukan alasan yang cukup mengapa  mereka harus datang pagi.  Demikian pula, para pegawai di sebuah departemen pulang jauh lebih cepat bukan karena tidak bisa produktif.  Tetapi mereka tidak dapat menemukan alasan mengapa mereka harus tinggal lebih lama.

 

Bagaimana mengubah situasi ini?

Premisnya sederhana. Measurement Motivates Behavior. Ukuran yang digunakan akan memotivasi (atau tidak memotivasi) perilaku tertentu.   Ubah sistem pengukuran kinerja Anda, eksekusi dengan disiplin, mudah-mudahan perilaku pegawai Anda dalam bekerja akan berubah. 

Sistem manajemen kinerja yang kita terapkan harus benar-benar membuat perbedaan dalam perilaku karyawan.  Bila tidak, sistem kita akan menjadi sistem yang biasa-biasa saja, menghasilkan perilaku biasa-biasa saja, dan tentu saja hasil di level korporat akan biasa-biasa saja. Untuk mencapai hasil luar biasa, perubahan budaya kerja merupakan keniscayaan.  Budaya lama berorientasi kekeluargaan-kekerabatan yang kurang produktif, harus diganti dengan kultur sinergi teamwork antar unit yang produktif.  

Sejak awal tahun, kita mesti memperjelas key performance indicator dan target yang akan menjadi ukuran evaluasi kinerja seorang pegawai di akhir tahun.  Dan memastikan bahwa penghasilan tahunan (total Annual Income)  pegawai tersebut berbasis kinerja (pay-based-performance).  Apakah perusahaan Anda telah menerapkannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: