PEABODY ENERGY: PERBAIKAN SISTEM MANAJEMEN SEPANJANG WAKTU

Darmin A. Pella

Peabody Energy yang di bursa saham New York Stock Exchange berkode BTU adalah perusahaan terbesar di dunia dalam bidang batubara. BTU berkontribusi sejumlah 10% bagi keberlanjutan listrik Amerika, dan 3% bagi listrik dunia.

Di Peabody, manajemen puncak terus-menerus melakukan continuous improvement sepanjang waktu. Manajemen secara konsisten memasukkan pola pikir pentingnya menghargai setiap detik waktu operasional. Manajemen memberikan pelatihan-pelatihan bagi karyawan untuk menunjukkan bagaimana perbaikan proses dalam hitungan menit dapat memberi sumbangan bagi kinerja final perusahaan di akhir tahun (bottom line profit).

Pertambangan batubara adalah bisnis yang sulit. Untuk sukses dalam bidang pertambangan batubara, dibutuhkan kekuatan, ketegaran, kemantapan, konsistensi dan perbaikan terus-menerus dalam sistem manajemen. Pertambangan batubara adalah bisnis berbasis komoditas dan membutuhkan dukungan kapital yang intensif. Pertumbuhan batubara umumnya berkisar 50-75% dari pertumbuhan GDP, namun saat ini di level dunia, akibat krisis ekonomi global, bisnis bergerak lebih lambat dan ada yang mengalami penurunan. Tahun lalu, permintaan terhadap batubara cenderung datar. Di beberapa lokasi, bahkan, permintaan batubara mengalami over supply.  Dalam analisis lingkungan industri, menggunakan pendekatan Five Forces Analysis, bisnis batubara berkompetisi dan saling bersubstitusi dengan tenaga nuklir dan mikro-hydro sebagai alternatif pembangkit listrik.

Pasar batubara sangat ketat. Lingkungan bisnis batubara berubah. Biaya energi yang naik turun. Ini semua menuntut perusahaan untuk proaktif melakukan perbaikan sebelum masalah semakin memburuk.

Apa yang dipraktekkan Peabody, persis sama dengan filosofi yang dimiliki para pimpinan puncak di perusahaan-perusahaan pemimpin pasar di berbagai industri. Setiap detik dan menit dari pekerjaan karyawan di lapangan, memiliki kaitan dengan penghematan dan pemborosan bagi poduktifitas dan kinerja final perusahaan. Dan untuk mencapai kondisi di mana setiap karyawan memberikan kontribusi bagi perbaikan proses bisnis perusahaan, maka perusahaan melakukan investasi untuk memperbaiki sistem manajemen strategik, sistem manajemen keuangan, sistem manajemen poemasaran, sistem manajemen operasional, dan sistem manajemen SDM di perusahaan. Pada akhirnya, oleh karena semua aktifitas dijalankan oleh SDM maka peningkatan kualitas, cara berpikir, integritas, kompetensi dan komitmen karyawan menjadi sangat penting

Sebagai contoh, bila di perusahaan pertambangan lain, para pengemudi hanya memikirkan mengantarkan batubara dari satu lokasi ke lokasi lain, Peabody telah menambahkan prosedur tersendiri dalam proses transportasi ini. Di Peabody, setiap pengemudi secara rutin mengecek kondisi tekanan bannya. Secara konsisten, pengemudi menurunkan kecepatan pada setiap tikungan tajam. Aktifitas beberapa menit ini terbukti berdampak pada perbaikan indikator lama tahan pakai, dan jumlah kerusakan ban. Secara keseluruhan, praktek yang terlihat kecil dan sederhana ini, telah berhasil menyumbang atau lebih tepatnya menghemat anggaran perusahaan 1,2 juta USD per tahun.

Lama sebelum penemuan mengenai hubungan antara gaya mengemudi dan biaya operasional tersebut benar-benar mengemuka, Peabody telah mengidentifikasi adanya kemungkinan kelangkaan stok dan suplai ban di pasar global. Dengan pola pikir antisipatif, Peabody bergerak cepat.

Peabody membuat rencana. Perusahaan segera berinisiatif membuat tim lintas fungsi untuk menganalisis penggunaan ban, praktek terbaik penghematan ban, serta proses penggunaan ban. Tim lintas fungsi berusaha mencari metode-metode menghemat penggunaan ban. Analisa tim membawa pada penemuan bahwa keausan ban sangat terkait dengan perilaku mengemudi cepat di tikungan, kurangnya tekanan ban, serta kondisi jalan. Scott Pearson, Direktur Process Improvement, meyakinkan perusahaan bahwa tiga faktor ini bisa dikendalikan (within control), dan solusi harus dibuat untuk mengatasinya.

Tim perbaikan lintas fungsi bertemu dengan manajer operasi di setiap lokasi tambang untuk mendiskusikan solusi. Sejumlah 19 rekomendasi kemudian dikeluarkan dalam rangka membuat ban berumur lebih lama. Perubahan-perubahan dilakukan. Hasilnya, terjadi perbaikan 16% lebih lama pada umur ban berukuran besar di seluruh proses operasi. Dengan biaya 16.000 s/d 30.000 USD per ban, karyawan telah membantu perusahaan berhemat 1,2 juta USD per tahun.

Pada kasus penghematan umur ban, di Peabody, memiliki pengemudi yang tahu betul apa hubungan antara perilakunya dalam mengemudi pada aspek biaya, telah membantu perusahaan menghemat pengeluaran ban 1,2 juta USD per tahun.

Penghematan ini nyata. Dan ini dimungkinkan karena perusahaan melakukan berbagai macam usaha untuk memintarkan pegawai. Penghematan dimungkinkan karena perusahaan membuat think tank team, transformation team, change management team yang mampu menghasilkan analisis masalah dan rekomendasi solusi. Setiap usaha kecil di level individu, bila dilakukan di semua proses produksi, akan menghasilkan dampak pada keuntungan perusahaan. Pada saat bersamaan, perusahaan pun memperkuat budaya continuous improvement di perusahaan (dap).

5 Responses

  1. Assalamualaikum,

    Di perusahaan saya (yang pernah bapak kunjungi utk mentraning) pemeliharaan alat berat memang selalu high cost.. salah satunya memang para operatornya belum tahu apa hubungan antara perilakunya dalam mengemudi pada aspek biaya. Dan memang usaha perusahaan untuk “memintarkan” para operator ini masih minim.
    Tulisan Bapak ini bisa mencerahkan dan menjadi inspirasi bagi perusahaan saya. So, boleh ga saya share tulisan bapak ini di E-Mail Intern perusahaan saya?

    Tks..

    • Dengan senang hati diperbolehkan, semoga memberi manfaat dan muncul ide perbaikan setelahnya … Salam,

  2. Makasih pak..Salam

  3. Ask not their sense of belonging of heavy eq or anything, ask them to put their safety first.easy;).thanks

  4. ASSALAMUALAIKUM..

    saya dpat info peabody energy sudah buka d balikpapan.. saya ingin skali bergabung d peabody energy,,, sya punya pengalaman jadi draft surveyor,, klau boleh saya minta bantuanya bgaimna caranya untuk melamar di peabody energy…klau boleh saya minta contact person atau emailnya… shingga saya bisa mengapply langsung lamaran saya… terima kasih atas bantuanya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: